Laman

Senin, 14 Mei 2012

Tesis Pengembangan Kurikulum

http://csstatic.com/banners/clixsense_gpt120x600a.png
Konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan, juga bervariasi sesuai dengan aliran atau teori pendidikan yang dianutnya. Menurut pandangan lama, kurikulum merupakan kumpulan mata pelajaran yang harus disampaikan guna atau dipelajari oleh siswa. Oemar Hamalik memberi pendapat dengan memberi pengertian, kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh murid untuk memperoleh ijazah.Dalam lingkungan atau hubungan tertentu pandangan ini masih dipakai sampai sekarang. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Robert S. Zais, yang mengatakan a racecourse of subject matters to be mastered
Dalam pandangan yang baru (modern) kurikulum mempunyai pengertian yang berbeda, pandangan kurikulum yang semula  dari menekankan pada Isi menjadi lebih memberikan tekanan pada pengalaman belajar. Menurut Caswel dan Cambel dalam buku mereka yang terkenal Curriculum development (1935) kurikulum … to be composed of all of the experiences children have under the guidances of teachers. download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar