Konsep kurikulum berkembang sejalan dengan
perkembangan teori dan praktik pendidikan, juga bervariasi sesuai dengan aliran
atau teori pendidikan yang dianutnya. Menurut pandangan lama, kurikulum
merupakan kumpulan mata pelajaran yang harus disampaikan guna atau dipelajari
oleh siswa. Oemar Hamalik memberi pendapat dengan memberi pengertian, kurikulum
adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh murid untuk memperoleh
ijazah.Dalam lingkungan atau hubungan tertentu pandangan ini masih dipakai
sampai sekarang. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Robert S. Zais, yang
mengatakan “…a racecourse of subject matters to be mastered ”
Dalam pandangan yang baru (modern) kurikulum mempunyai
pengertian yang berbeda, pandangan kurikulum yang semula dari menekankan pada Isi menjadi lebih
memberikan tekanan pada pengalaman belajar. Menurut Caswel dan Cambel dalam
buku mereka yang terkenal Curriculum development (1935) kurikulum … to
be composed of all of the experiences children have under the guidances of
teachers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar